Apapun jenisnya, mixer memiliki fungsi yang sama – yaitu membantu adonan agar tercampur rata dengan lebih cepat. Tapi dari beberapa jenis mixer yang ada, tidak semuanya cocok untuk kebutuhan kalian lho. Nah, kali ini cari tahu yuk tentang dua jenis yang paling umum ditemukan, yaitu hand mixer dan stand mixer. Pelajari bedanya agar tahu mana yang sesuai untuk kalian!

Apa bedanya hand mixer dan stand mixer?

Sesuai namanya, hand mixer adalah jenis yang harus dipengang dengan tangan untuk dioperasikan. Untuk itu, bentuknya pun dibuat ringkas dan ringan agar lebih mudah digunakan saat mengaduk adonan.

Sementara itu, stand mixer secara kasat mata memiliki dimensi yang lebih besar. Stand mixer memiliki mangkuk dan pengaduk yang juga lebih besar. Kalian cukup meletakkan mixer ini dan menyalakan mesin untuk pengoperasiannya.

Baca Juga : Oven Listrik Atau Oven Gas, Pengusaha Roti Pemula Sebaiknya Pilih yang Mana?

Namun perbedaan keduanya tentu saja lebih dari penampakannya. Secara kapasitas, kegunaan, dan harganya juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

  1. Kapasitas

Hand mixer yang berukuran lebih kecil cocok digunakan untuk mengocok adonan dalam jumlah kecil juga. Jika terlalu banyak, hand mixer akan menjadi panas dan cepat rusak. Beda halnya dengan stand mixer yang bisa dengan sangat baik mencampur adonan dalam jumlah besar.

  1. Kecepatan

Hand mixer memiliki tingkat kecepatan yang lebih sedikit daripada stand mixer. Jadi kalau adonan kalian tidak memerlukan kecepatan yang terlalu presisi, hand mixer saja cukup. Sebaliknya, jika kalian membutuhkan mengaduk adonan dengan kecepatan tertentu atau dengan kecepatan lebih tinggi, maka stand mixer adalah pilihan yang lebih baik.

  1. Kekuatan

Jika kalian butuh mengaduk adonan yang padat atau berat seperti adonan donat, stand mixer bisa melakukannya lebih baik.

  1. Kemudahan penggunaan

Berbeda dengan hand mixer yang harus selalu dipegang, stand mixer memerlukan lebih sedikit perhatian. Kalian hanya tinggal menuangkan bahan-bahan ke dalam mangkuk adonan, mata mixer akan berputar ke seluruh bagian mangkuk hingga adonan benar-benar tercampur rata.

  1. Harga

Mengingat ukuran dan fungsinya yang lebih banyak, harga stand mixer bisa berkali-kali lipat lebih mahal daripada hand mixer. Stand mixer juga mengonsumsi daya listrik lebih tinggi, sehingga tagihan listrik juga lebih banyak.

Mana yang lebih baik?

Jadi mana yang lebih baik di antara hand mixer dan stand mixer? Kembali lagi ke kebutuhan kalian masing-masing ya.

Untuk kebutuhan rumahan yang tidak membutuhkan adonan terlalu banyak atau padat, hand mixer mungkin sudah cukup. Jika kalian memiliki usaha bakery yang harus memproduksi kue dalam jumlah besar, berinvestasi ke stand mixer adalah pilihan yang baik.

Selain mixer, pecinta kue atau pebisnis kue jangan lupa untuk berinvestasi pada bahan-bahan berkualitas baik ya. Untuk kebutuhan whipped cream, pastikan kalian pilih RichCreme Whip Creme Powder. Selain mudah mengembang sempurna, Whip Creme juga memiliki warna cantik mengkilap dan rasa vanila yang manis. Cocok untuk digunakan sebagai dekorasi cake maupun sebagai filling kue.

Sudah tahu mixer dan whipped cream yang sempurna untuk kalian? Sekarang cek juga ya resep-resep kue menarik yang bisa kalian buat dengan RichCreme Whip Creme Powder. Kunjungi kami di RichCreme.com dan follow @RichCreme.id.