Bisnis minuman sering disebut sebagai sumber untung yang menggiurkan. Bisa dimulai dengan modal yang tidak seberapa, keuntungan yang dihasilkan bisa berjuta-juta. Kalian yang ingin meraup untung, jangan mulai dulu kalau belum tau tips jualan minuman berikut ini!

Terutama bagi kalian yang memiliki modal terbatas, tips jualan minuman ini pasti berguna. Apa saja tipsnya? Yuk baca terus!

5 Tips Jualan Minuman agar Untung

  1. Sesuaikan jenis usaha minuman dengan pangsa pasar

Ada banyak jenis minuman yang bisa dijadikan ladang usaha dengan proft menjanjikan. Namun kalian harus tahu pasar kalian dan apa yang mereka sukai.

Kalau target pasar kalian adalah orang-orang kantoran, minuman seperti kopi atau teh kekinian memiliki kemungkinan lebih besar untuk laku keras. Jika kalian menyasar anak-anak, maka minuman beraneka rasa bisa jadi solusi. Jadi kenali dulu ya pangsa pasar kalian.

  1. Gunakan bahan baku yang berkualitas baik

Bahan baku berkualitas baik tentu menghasilkan produk yang lebih baik juga. Dan produk yang baik berpeluang besar untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan serta penjualan. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa semakin baik kualitas suatu bahan, harganya juga akan semakin tinggi. Bagi pebisnis pemula, hal-hal seperti inilah yang bisa jadi penghambat.

Jadi bagaimana menentukan bahan-bahan mana yang berkualitas baik dan cocok untuk usaha kalian? Saat ini banyak lho pengusaha bahan baku yang menawarkan sample produk atau menjual produk-produknya dalam jumlah kecil sebagai tester. Nah kalian bisa memanfaatkan ini untuk proses research and development kalian. Setelah mendapatkan rasa yang sesuai, baru kalian beli produk tersebut dalam jumlah lebih besar agar semakin hemat.

Baca Juga : Intip 6 Ide Kopi Kekinian Tanpa Mesin dan Mudah Dibuat Lho!

  1. Kemas dengan menarik

Kemasan adalah hal pertama yang dilirik pelanggan dan membuat mereka memutuskan untuk membeli produk kalian atau tidak. Jadi, jangan sepelekan perkara kemasan dan buat penampilan produkmu semenarik mungkin.

  1. Jual secara online atau dengan sistem pre-order

Sewa tempat untuk berjualan bisa menimbulkan biaya yang cukup besar. Apalagi jika kalian menargetkan tempat yang ramai dan strategis. Untuk menekan biaya, kalian bisa mencoba berjualan secara online. Pasarkan ke orang-orang yang kalian kenal lewat WhatsApp, Facebook, atau Instagram. Gunakan iklan untuk memperluas jangkauan penonton agar peluangmu semakin besar untuk menjaring pelanggan baru.

tips

Dan untuk menekan risiko kerugian, kalian bisa gunakan sistem pre-order di mana kalian hanya membeli bahan dan membuat minuman sesuai jumlah pesanan. Dengan begitu kalian bisa menghindari barang rusak atau basi karena terlalu banyak stok.

  1. Lakukan upselling

Sediakan opsi untuk produk sama dengan ukuran yang lebih besar atau topping yang lebih menarik. Atau bundle produk kalian dengan produk lain yang bisa meningkatkan nilai jual.

Selain itu, kalian juga bisa menerapkan harga tanggung untuk ukuran yang berbeda. Misal, kalian menjual ukuran small dengan harga Rp 3.000, ukuran medium Rp 4.000 dan ukuran besar Rp 5.000. Konsumen akan berpikir Rp 5.000 untuk ukuran yang paling besar adalah pilihan yang terbaik. Dengan begitu kalian bisa mendapat lebih banyak untung.

Jualan Minuman Kopi dan Teh Makin Laris dan Cuan pakai RichCreme

Semakin tergerak untuk mulai berbisnis minuman? Yuk dapatkan untung lebih dengan menggunakan produk-produk RichCreme!

RichCreme memiliki dua produk yang cocok untuk usaha kalian. Yang pertama adalah RichCreme Non-Dairy Creamer, yaitu krimer nabati yang cocok untuk minuman kopi dan teh. Dengan rasa creamy dan harga terjangkau, kalian bisa membuat kreasi minuman yang pasti disukai semua kalangan.

Yang kedua ada RichCreme Whip Creme Powder, yang merupakan produk krim kocok berbentuk bubuk. Cukup menambahkan air es dan dikocok selama 4 menit, Whip Creme bisa menghasilkan krim melimpah dengan warna putih mengkilap yang cantik, sempurna untuk diaplikasikan sebagai topping minuman.

Dan karena bentuknya bubuk, tidak perlu takut repot menyimpan RichCreme Whip Creme Powder. Buka kemasannya, gunakan sesuai keperluan, dan simpan sisanya di wadah kering dan tertutup rapat.

Setelah tips jualan minuman, simak juga yuk ide bisnis minuman dari RichCreme dengan follow @RichCreme.id di Instagram!